Selasa, 26 Maret 2019

3.6 Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Bahan Cetak



Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Bahan Cetak


Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Bahan Cetak

Microsoft Publisher adalah aplikasi desktop penerbitan, yang berarti ia dapat digunakan untuk membuat beragam publikasi seperti laporan berkala, majalah, surat kabar dan poster, pada dasarnya semua memerlukan campuran gambar pencitraan berkualitas tinggi dan teks atau naskah yang mencolok. Microsoft Publisher digunakan dalam pemasaran dan industri rancangan untuk membuat publikasi grafik visual tingkat tinggi, tapi ia dapat juga digunakan oleh perorangan dengan hasil yang lebih sederhana, seperti perancangan kartu ucapan selamat atau pamflet publikasi.

Microsoft publisher merupakan program perangkat berbagi atau perangkat uji coba, yang berarti ia dapat diunduh dan digunakan secara gratis, tetapi dengan beberapa batasan fitur dan kemampuan sehinga diperoleh versi penuh yang tidak terkunci. 

Microsoft Publisher memiliki kesamaan dengan Adobe InDesign dan kesamaan antar muka untuk digunakan salah satu dalam Microsoft Word, aplikasi pengolah kata yang dibundel dengan deretan perangkat lunak Microsoft Office. Termasuk Microsoft Publisher, bersama-sama dengan Word, deretan perangkat lunak Microsoft Office dalam beberapa edisi premium dan yang lebih mahal. Ini ditujukan pada usaha kecil dan perancang grafik untuk jajaran sangat besar dari publikasi.

Microsoft Publisher menyediakan berbagai macam template yang siap digunakan. Jadi ketika kita ingin membuat suatu karya, kita hanya tinggal memilih template sesuai kebutuhan. Setelah itu kita mengeditnya sesuai keinginan dengan meggunakan fitur-fitur menarik yang ada di dalamnya. Seandainya kita akan membuat sesuatu menggunakan Publisher, tentu hasilnya tidak akan mengecewakan dan lebih cepat untuk jadi. Misalnya saat membuat kartu nama. Kita tinggal memilih template, edit, simpan dan cetak. Jadi deh.

Atau juga membuat majalah dinding untuk tugas sekolah. Hasilnya akan jauh lebih menarik, bagus dan bermakna tentunya dengan pembuatan yang sangat mudah. Hal ini berbanding terbalik jika kita harus membuat mading secara manual. Harus menulis, harus menggambar, harus inilah, itulah yang tentu cukup merepotkan.
Dengan Microsoft Publisher, banyak hal bisa kita desain, seperti koran, brosur, greeting card, dan masih banyak hal lainnya. Untuk mendesain sebuah koran atau newsletters ada banyak cara dapat yang dapat kita gunakan, dari memulai dengan blank page ataupun dengan desain template newsletters yang telah disediakan oleh Microsoft Publisher. Untuk pemula disarankan memulai dengan sebuah template desain yang telah disediakan karena selain mudah, template yang disediakan ini masih bisa kita ubah sedemikian rupa sesuai dengan selera kita. Demikian pula jika kita ingin membuat sebuah brosur ataupun sebuah iklan, kita dapat menggunakan template yang disediakan oleh Microsoft Publisher, atau kita memulai dengan blank page. Kita tidak perlu kuatir merasa sulit jika ingin memulai pekerjaan dengan blank page, karena toolbar dalam Microsoft Publisher ini cukup mudah dimengerti dan perintah-perintahnya cukup sederhana, sehingga bagi pemula akan merasa cukup mudah menggunakan aplikasi ini.

Mengaktifkan Microsoft Publisher Langkah-langkah

1.  Klik menu star
2.  Pilih All program
3.  Arahkan pointer mouse pada Microsoft Publisher
4.  Klik Microsoft Publisher


Microsoft Publisher memiliki berbagai fungsi dan kegunaan, diantaranya yaitu :

  1. Untuk pembuatan banner.
  2. Untuk pembuatan sertifikat.
  3. Untuk pembuatan majalah.
  4. Untuk pembuatan kartu nama
  5. Untuk pembuatan kartu undangan.
  6. Untuk pembuatan kalender.
  7. Untuk pembuatan kartu ucapan.
  8. Untuk pembuatan brosur.
  9. Untuk pembuatan katalog.
  10. Untuk pembuatan poster.
  11. Untuk pembuatan koran.
  12. Untuk pembuatan desktop publishing lainnya.


Keunggulan Microsoft Publisher :
1.    Adanya banyak template yang siap digunakan.
2.    Mudah digunakan dalam pembuatan karya desktop publishing, bahkan untuk pemula sekalipun.
3.    Hasil jadi dapat dicetak dan disimpan ke berbagai format.
4.    Hasil jadi dapat dikirim melalui e-mail.
5.    Hasil jadi dapat diconvert dengan mudah menjadi bentuk HTML.
6.    Hasil jadi dapat langsung disimpan secara online, sehingga dapat diakses kapan saja dan di mana saja.
7.    Banyaknya fitur yang mendukung pembuatan desktop publishing sehingga hasilnya lebih bagus dan menarik.

Kekurangan Microsoft Publisher :
1.    Merupakan program berbayar, artinya tidak gratis.
2.    Secara awam, keberadaan softwere ini di Indonesia belum setenar softweredesain grafis lainnya yang terdahulu, sehingga pengguna software inihanya sebatas dari kalangan desainer.
3.    Penggunaan software ini hanya sebatas untuk mendesain saja. Dengan katalain, software ini tidak memiliki fungsi penggunaan yang multigandaseperti yang dimiliki Microsoft Office Word 2007.
4.    Sebagai sebuah software desain, software ini memiliki kekurangan yangsangat fatal. Yakni software ini tidak memiliki tools, seperti yang di milikicorel draw.

27 Template Pada Miscrosoft Publisher

  1. Brochures
  2. Business cards
  3. Calendars
  4. Greeting cards
  5. Labels
  6. Newsletters
  7. Postcards
  8. Advertisements
  9. Award certificated
  10. Banners
  11. Business forms
  12. Catalogs
  13. E-mail
  14. Envelopes
  15. Flyers
  16. Gift certificates
  17. Import word documents
  18. Invitation cards
  19. Letterhead
  20. Menus
  21. Paper folding projects
  22. Programs
  23. Quick publication
  24. Resumes
  25. With compliments cards
  26. Signs
  27. More categories


0 komentar:

Posting Komentar