Selasa, 26 Maret 2019

3.5 Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Presentasi

Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Presentasi

Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Presentasi


  • Menu shortcut dibagian bawah
1. Slide show
2. Teks box
3. Word art
4. Font colour
5. Clipt art

  • Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menyimpan file:
  1. Klik File, Save atau Save as
  2. Ketik nama filenya
  3. Setelah selesai klik enter

  • Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam memanggil file :

  1. Klik File
  2. Open
  3. Ketik nama file/cari nama filenya
  4. Direktori file berada
  5. Ketik nama file lalu klik enter

  • MENYISIPKAN SLIDE BARU :
Langkah-langkah yang harus digunakan adalah

  1. Klik Insert
  2. Klik New Slide
  3. Untuk Penyisipan ditengah letakan pointer mouse di slide yang akan disisipkan lalu gunakan perintah 
  • MELAKUKAN EDITING :

  1. Font (huruf)Untuk melakukan perubahan huruf pada power point dapat dilakukan dengan cara:
  2. Blok kata/kalimat atau klik area text box yang akan dirubah Klik menu format dan pilih font hingga tampil kotak dialog

Font : Untuk memilih jenis huruf
  • Font Style : Untuk memili tampilan huruf(tebal,miring,biasa)
  • Size : Untuk menentukan ukuran huruf
  • Color : Untuk warna huruf
Rata kiri ditengah Rata kanan

Aligment digunakan untuk pengaturan tulisan dapat dilakukan dengan memilih gunakan menu toolsbar rata kiri, rata tengah dan rata kanan

  • Cara Membuat Bullet List dari Text Box 

Bullet and numbering berfungsi untuk memperjelas focus pada slide presentasi, klik area text box yang akan di ubah.Cara Membuat Bullet List dari Text Box :
  1. Klik Format, bullet and numbering dari menu toolbar atau 
  2. Klik Kanan pada area text box Pilih Bullet and Numbering sehingga dilayar akan tampil kotak dialog

Header/Footer and Numbering
  • Header and Footer berfungsi untuk informasi pada slide presentasi, pada semua halaman atau sebagian presentasi.
  • Page Numbering berfungsi untuk memberikan nomor halaman pada slide secara Otomatis. Langkah-langkahnya adalah :

  1. Pada menu bar klik View, Header and Footer
  2. Check List Date and Time untuk menampilkan tanggal
  3. Pilih update Automatically jika tanggal yang diinginkan otomatis atau pilih fixed jika tanggal yang akan ditampilkan tetap
  4. Chek List Slide Number untuk memberikan halaman pada slide presentasi
  5. Check List Footer dan Masukkan tulisan yang akan dijadikan sebagai catatan kaki.

  • Efek pada slide presentasi 
Efek pada slide presentasi adalah salah satu hal yang sangat penting pada sebuah presentasi agar apa yang disampaikan menjadi menarik dan tidak membosankan. Efek yang dapat diberikan antara lain:

  • Animasi
  • Backgroun
  • Clipt Art
  • Word art
  • Menggunakan Slide Transitions

a. Membuat animasi Langkah-langkah yang harus dilakukan :
1. Pilih slide yang akan diberikan effect
2. Dari menu bar Klik Slide Show
3. Klik Custom Animation Sehingga akan tampil menu seperti dibawah ini

b. Memberikan Background


Background adalah untuk memberikan latar belakang slide Presentasi agar slide presentasi yang kita buat terlihat lebih baik. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :


Klik Format-Klik background-Selanjutnya dilayar akan tampil menu tempat memilih warna
  • Slide presentasi yang sudah dibuat terasa belum lengkap kalau tidak membuat clip art

Slide presentasi yang sudah dibuat terasa belum lengkap kalau tidak disertakan dengan gambar. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :
Klik Insert
Picture
Clipt art atau Klik pada menu clipt art
Pilih salah satu dari gambar yang tersedia dengan cara di klik Pada kotak gambar tersebut
Klik Enter

Word art digunakan untuk menulis menggunakan tulisan yang beragam 
Word art digunakan untuk menulis menggunakan tulisan yang beragam. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

  1. Klik Insert,
  2. Picture
  3. Word art atau Klik di icon word art
  4. Dilayar akan tampil menu pilh salah satu bentuk yang dinginkan
  5. Ketik tulisan yang akan dibuat
  6. Setelah selesai klik OK

Menggunakan Slide Transitions
Slide Transitions adalah slide yang dijalankan secara otomatis. Langkah-langkah yang digunakan adalah :

Klik Slide show
Klik Slide Transitions
Selanjutnya dilayar akan tampil : menampilkan secara otomatis, memilih tampilan awal memberikan suara
MENJALANKAN PRESENTASI :

  1. Klik menu Slide Show
  2. Klik View Show (atau menggunakan tombol F5 atau F9)
  3. Selanjutnya anda dapat melihat hasilnya
  4. Gunakan klik/Enter untuk melanjutkan sampai akhir presentasi
  5. Untuk kembali kelembar kerja tekan tombol ‘ESC’

Untuk mencetak lembar kerja, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah:
  1. Klik File
  2. Klik Print
  3. Selanjutnya dilayar akan tampil menu

Hal-hal yang perlu diperhatikan antara lain :
  • Jenis dan nama printer yang digunakan
  • Print range
  • Seluruh slide atau slide tertentu
  • Jumlah pencetakan
  • Print sebagai slide/sebagai hang out
  • Print dengan gray scale atau black white
  • Apabila semuanya sudah tertata dengan benar maka proses pencetakan sudah dapat dilakukan
  •  


0 komentar:

Posting Komentar