Selasa, 26 Maret 2019

3.3 Menerapkan Pengoprasian Aplikasi Pengolah Kata


PENERAPAN APLIKASI PENGOLAH KATA

Menerapkan Pengoprasian Aplikasi Pengolah Kata

 
1. Penggunaan Menu Breaks pada Microsoft Word

Di dalam menu Breaks terdapat banyak pilihan breaks halaman pada word yang dapat digunakan, Diantaranya adalah Break dan Next Page.

Breaks adalah pilihan menu yang berfungsi untuk memisahkan isi dokumen ke awal halaman baru. Artinya, halaman akan langsung berpindah ke halaman berikutnya tanpa harus menekan tombol enter secara terus- menerus dalam berpindah halaman. Namun, jika mengunakan breaks, halaman selanjutnya masih dalam satu section (section adalah keseluruhan dokumen dari awal hingga akhir denga format yang sama)

Sementara itu, Next Page adalah pilihan menu yang berfungsi untuk memisahakan halaman dalam section yang berbeda. Artinya, halaman selanjutnya tidak tergantung lagi format nya dengan yang awal.

Kelebihan dari menu breaks adalah memudahkan kita untuk memindahkan halaman tanpa harus menekan-nekan enter untk ke halaman selajutnya. Sedangkan kekurangannya, breaks akan menghasilkan halaman dengan section yang sama sehingga format halam awal dan akhir akan saling berkaitan.

Kelebihan dari menu Next Page adalah halaman selanjutnya akan berbeda section sehingga format halamannya berbeda dengan yang awal. Hal ini dapat dimanfaatkan saat kita ingin menggunakan halaman yang berbeda dari halaman lainnya.

Selain itu beberapa menu lain yang ada di menu Breaks adalah :

Continuous, awal section berada pada halaman yang sama dengan section sebelumnya.
Even page, memaksa awal section pada awal halaman genap berikutnya.
Odd page, memaksa awal section pada awal halaman ganjil berikutnya.

2. Membuat Daftar Isi

Dalam membuat aftar isi sebuah makalah secara praktis, efektif dan efisien tentu sangat diperlukan.
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetik dahulu outline (kerangka) susunan daftar isi seperti bab dan suba-sub lainnya. Setelah dibuat kerangka daftar isi nya, lakukan pelevelan pada tiap judul BAB dan judul isi.

Setelah itu akan muncul dua kerangka daftar isi  (seolah-olah kita meng-copy). Lalu klik menu References dan pilih Table of Contents kemudian pilih Automatic Table 1.

Jika ada perubahan pada halaman atau susunan halaman maka pilih Update Table

Update page numbers only, bila perubahan hanya pada nomor halaman karena jumlah halaman bertambah/berkurang atau format nomor halaman berubah.

Update entire table, bila ada penambahan/pengurangan heading atau bila ada perubahan teks pada heading atau judul bab.

0 komentar:

Posting Komentar